Saturday, September 20, 2008

Intervensi Pemerintah dan Klasifikasi Barang Ekonomi

Dalam negara berkembang, keberadaan sumber daya terbatas sehingga pemerintah harus dapat mengelolanya seefisien mungkin. Selain itu, Perundangan mengenai lingkungan yang ditetapkan oleh pemerintah harus lebih dikembangkan dalam bentuk efisiensi ekonomi. Sebelum pemerintah melakukan intervensi dengan menetapkan suatu kebijakan terhadap berbagai barang, pemerintah harus dapat membedakan jenis barang-barang beserta permasalahannya. Jenis barang tersebut, yaitu public good, common good, club good, dan private good.

Common good adalah barang yang tersedia bagi masyarakat dalam jumlah tidak terbatas, namun memiliki nilai bersaing. Permasalahan yang terjadi pada common good dapat diselesaikan dengan adanya hak kepemilikan sehingga dapat diperjual belikan secara individual.

Common good yang dimiliki oleh negara dan tidak bersifat natural monopoly harus diprivatisasi. Jika biaya privatisasi tersebut menjadi masalah, maka sebaiknya privatisasi tersebut dilakukan kepada masyarakat umum daripada secara individual.

Club good merupakan barang yang tidak bersaing namun jumlahnya terbatas. Club good sebagai barang yang tidak bersaing karena bukan merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.

Yang termasuk dalam private good adalah benda yang memiliki nilai bersaing dan jumlahnya terbatas. Private good merupakan bentuk yang paling efisien dalam perekonomian, untuk itu pemerintah diharapkan tidak terlalu banyak mencampuri ketentuan pasar pada jenis barang ini.

Eksternalitas yang dapat terjadi pada semua jenis barang (public, common, club, dan private) dapat memberikan keuntungan maupun menimbulkan kerugian. Munculnya ekternalitas disebabkan besarnya intervensi pemerintah. Untuk itu, pemerintah diharapkan dapat mengurangi intervensinya dalam struktur pasar. Tanpa disadari, masalah public good dan ekternalitas dapat diselesaikan melalui mekanisme pasar. Artinya pemerintah tidak perlu melakukan banyak intervensi terhadap permasalahan tersebut.

Pasar bebas merupakan cara yang terbaik dalam mengatur perekonomian. Hampir seluruh negara menggunakan sistem pasar bebas. Namun, pada saat pasar bebas tidak memberikan hasil yang positif bagi masyarakat, pemerintah dapat mengambil tindakan dan mengubahnya.

Kegagalan pasar terjadi pada saat pasar tidak memberikan efisiensi secara penuh, baik pada efisiensi alokasi maupun efisiensi produktivitas serta efisiensi sosial. Sistem pasar monopoli dapat menyebabkan kegagalan pasar. Pasar monopoli dapat membatasi output yang dihasilkan untuk menjaga agar harga produk tetap tinggi. Seorang monopolis mungkin saja akan mengembangkan kekuatan sosial dan politik lebih tinggi dari yang lain sehingga mengurangi efisiensi demokrasi dan keadilan dalam bersaing. Selain itu, monopoli juga mengurangi pilihan konsumen terhadap suatu produk.

Sistem kartel tidak jauh berbeda dari monopoli karena beberapa perusahaan melakukan kerja sama dalam menjual produk-produk mereka. Hal yang demikian dapat mengurangi persaingan. Kartel biasanya terjadi pada pasar oligopoli.

Pada pasar persaingan monopolistik terdapat banyak penjual dan pembeli serta berbagai jenis produk. Para pemain pun dapat bebas keluar dan masuk ke dalam industri. Namun setiap perusahaan memiliki merk pada produknya masing-masing sehingga perusahaan yang merk dagangnya sudah kuat akan dapat menguasai pasar

Privatisasi merupakan suatu cara agar dapat meningkatkan persaingan dan menurunkan biaya, mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien, dan mencegah terjadinya monopoli. Intervensi pemerintah diperlukan untuk memperbaiki atau mengganti kerugian atas kegagalan pasar yang disebabkab oleh eksternalitas yang negatif.

Berbagai jenis barang, yaitu public goods, merit goods, dan demerit goods, jika beredar dalam jumlah yang tepat atau bahkan tidak beredar sama sekali akan menyebabkan sistem pasar tidak efisien sehingga terjadi kegagalan pasar.

Kurangnya informasi yang dimiliki konsumen mengenai produk yang tersedia di pasar, yang dimiliki produsen mengenai permintaan produk dan mengenai keberadaan pesaing, serta yang dimiliki pegawai mengenai peluang usaha dan lapangan pekerjaan, merupakan kegagalan informasi yang dapat menyebabkan kegagalan pasar.
Faktor-faktor produksi, seperti tanah, tenaga kerja, dan modal, serta berbagai asset yang sudah tidak dapat digunakan, yang memiliki sifat tidak dapat bergerak, juga dapat menyebabkan terjadinya kegagalan pasar.

Untuk mencegah terjadinya kegagalan pasar pada sistem pasar bebas, dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: penetapan regulasi mengenai persaingan sehat oleh pemerintah, mengubah distribusi pendapatan dan kesejahtaraan dalam perekonomian nasional, meningkatkan skala ekonomis sehingga dapat menurunkan biaya, dan penetapan batas harga pasar tertinggi dan terrendah yang dilakukan oleh pemerintah.

2. The Perfect Storm

((Artikel ini disarikan dari Bab II Buku WIkinomics, diringkas oleh Eka Purwaningsih, INSTEPS))

Bagaimana teknologi, Demografik, dan Ekonomi Global bersatu untuk 6 kategori awal dari revolusi bisnis

Untuk memetakan badai hebat kita dapat menjelajahi arsitektur partisipasi pada web. Lalu kita memberi perhatian khusus kepada Net Gen-generasi yang akan memasukkan budaya keterbukaan, partisipasi, dan interaksi kedalam lingkungan kerja, pasar, dan komunitas.

WEB BARU
Fenomena hadirnya website merupakan kemajuan bagi semua orang, semua orang tak perduli dari belahan dunia manapun dapat dengan mudah tersambung dengan internet. Web memudahkan perusahaan untuk menampilkan informasi pada platform komputer pada tempat yang tepat. Elemen dari komputer dan elemen dari program komputer dapat disebar kemanapun.
Seiring bertambahnya jumlah manusia dan perusahaan yang ikut serta dalam platform programming, kesempatan untuk berkompetisi dan berkolaborasi pada cara baru akan lebih berhasil dan lebih kuat.

Coffehouse terbesar
Melakukan komunikasi dengan seluruh orang di dunia sangatlah sulit untuk seseorang, tapi saat ini fenomena blogging menghapus ini semua, semua orang dapat mencurahkan fikirannya ke dunia dengan memposting ide-ide, cerita mereka di blog. Dalam blog kita dapat meletakkan media apapun, bahkan video sekalipun dengan bantuan YouTube. Saat ini kemunculan blog sangat cepat. Bahkan blog dapat menyaingin koran, televisi, radio, dan film sekalipun.

Jaringan anda adalah Filter anda
Website yang ada didunia sangatlah banyak, maka diperlukan suatu tools yang dapat digunakan untuk mempermudah penyeringan atau filter, ada suatu tools yaitu tags, tags dapat mendeskripsikan website dengan gambar, video, email, dan lain sebagainya. Hal ini memudahkan kita untuk melakukan pencarian.


The New Public Squares
Untuk perusahaan web, membangunkepercayaan adalah suatu alternative untuk mengendalikan customer. Sesuatu yang menarik akan terjadi jika kita mempercayai customer. Maka mereka akan mempercayai kita. Lagi lagi perusahaan web akan merealisasikan perkembangan kepercayaan, dan kepercayaan tersebut akan membawa pengunjung kembali ke situs itu lagi. Sebut mereka sebagai The New Public Square tempat yang menarik dimana customer kita kembali lagi dan menambah pengalamannya.

Kemunculan dan kemampuan menemukan Inovasi
Mungkin karakteristik yang paling kuat adalah web yang dapat diprogram yang mengkolaborasikan antara desain dengan standard yang terbuka dan API (Application Programmins Interfaces) yang terbuka yang memperbolehkan website terpisah menjadi berbaur. Perusahaan yang pandai akan berfikir dengan hati-hati tentang bagaimana mengarahkan cara terbuka dengan teknologi yang dimiliki, dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kekuatan organisasi it u sendiri dengan supplier, karywan, dan customer. Hal ini hal penting dalam lingkungan seperti inovasi dan manajemen pengetahuan, tapi digunakan dalam banyak fungsi bisnis.



Teriakan dari Kebudayaan Kolaborasi
Saat ini bukan masanya lagi suatu website, hanya melulu mengandalkan komunikasi satu arah, dimana pengunjung hanya bisa membaca, dan mengklik konten yang ada, tapi yang ada adalah kerja sama, berbagi, dan berbagai kegiatan interaktif lainnya.

THE DEMOGRAPHIC WATERSHED: GROWING UP COLLABORATING
Seluruh generasi dalam membangun negara menggunakan web. Bagaimanapun pengguna internet kebanyakan kaum muda dan kita menyebutnya Youngsters, mereka terus tumbuh, dan mereka membawa etika baru dalam keterbukaan, partisipasi, dan interkasi dalam lingkungan kerja, komunitas, dan pasar. Saat ini para pemuda memiliki wewenang ada revolusi digital yang merubah suatu institusi.

Ruang Berbagi yang baru
Social Networking, adalah suatu fenomena baru dalam dunia internet. Contohnya MySpace yang menawarkan suatu ruang berbagi, bisa berbentuk artikel, mucik ataupun video. Kebanyakan penggunanya adalah pemuda. Mereka dapat membuat sebuah opini untuk temannya, begitu pula sebaliknya. Dulunya bila mereka ingin bersosialisasi dengan temannya harus keluar rumah, dan menemukan suatu tempat yang nyaman untuk berkumpul, tapi sekarang tidak lagi, mereka dapat melakukan apa saja di rumah mereka. Menjelajahi dunia dan lain sebagainya.

Merubah Dunia – satu teman pada satu waktu
Mendapatkan teman ratusan bahkan jutaan dengan hanya memanfaatkan jaringan internet sangatlah mudah. Kita tinggal bergabung dengan salah satu website penyedia jasa social networking dan kita akan mendapatkan banyak teman. Dari hal-hal yang dilakukan da;am menjalin teman dengan social networking, banyak hal yang menyenangkan dapat dilakukan, selain itu dalam bidang pendidikan juga dapat dilakukan disana. Berbagi ilmu dan lain sebagainya. Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau perekonomian juga dilakukan disana.

The N-Geners As Prosumers
N-Geners bukanlah pengunjung yang pasif, kebanyakan dari mereka tidak terlalu percaya dengan opini media cetak, mereka lebih percaya dengan opini yang ada dalam suatu website yang biasanya opini tersebut di keluarkan oleh banyak orang. Pada internet saat ini kita dapat melakukan berbagai kreatifitas, seperti memuat suatu tokoh animasi yang sudah ada dan menggabungkannya dengan selera seni yang kita miliki.
Kesempatan untuk membawa N-Geners pada perusahaan besar sebagai pencipta dari nilai yang tinggi, produksi jangka panjang dari kesempatan berinovasi dari bisnis di dunia yang pernah ada sangatlah tinggi.

Tenaga Kerja Wiki
Generasi terakhir membawa karakteristik yang unik pada lingkungan kerja, tapi dengan adopsi teknologi yang tinggi, kreativitas, koneksi sosial, dan perbedaaan pada N-Gen dengan yang lainnya akan menyatukannya. Sebagai pekerja, generasi ini akan merubah lingkungan kerja dan jalan bisnis dipimpin dengan keleluasaan tanpa keterbatasan.

KOLABORASI EKONOMI
Kolaborasi ekonomi adalah dirinya sendiri dalam keberhasilan untuk: kesempatan pada struktur yang dalam dari koorperasi, sebagai perusahaan yang kuat untuk membuka tembok penghalang dan berkolaborasi dengan sumber luar untuk membuat nilai, dan meningkatkan ekonomi global yang sebenarnya yang membutuhkan dan memudahkan beberapa jenis koorperasi ekonomi dan membuka dunia ilmu pengetahuan pekerja pada setiap perusahaan yang mencari pemikiran yang unik.


Coases’s Law
Sebuah perusahaan cenderung akan memperluas usahanya hingga biaya organisasi dari transaksi ekstra dalam perusahaan menjadi seimbang dengan biaya membawa keluar transaksi yang sama pada pasar terbuka. Internet menyebabkan biaya transaksi mengalami lonjakan bertahap dan lebih berguna untuk membaca hukum Coase, efeknya, tidak ada lagi perusahaan yang harus bersembunyi sampai biaya transaksi kembali. Dengan internet dari barang dalam proses produksi sampai ke tangan customer bisa diawasi.

Web bisnis
Pendatang baru adalah web bisnis, atau biasa disebut b-web. B-web dikeliompokkan pada bisnis yang bersatu melalui internet. Web bisnis diprediksikan kana digunakan untuk kolaborasi dalam perusahaan. Berkembangnya web bisnis bukan berarti bahwa perusahaan akan tidak terintegrasi secara vertikal dengan memindahkan ilmu pengetahuan dan kemampuan didalam batasan mereka.
Dengan banyaknya pertaruhan yang dapat dengan mudah dilihat pada web bisnis, klaborasi tidak disukai. Bergabung atau memimpin web bisnis terkadang membutuhkan joki antara pemain untuk divisi yang benar dari tenaga kerja dan nilainya.

Pemain Global
Kebenaran bahwa China dan India datang dengan waktu yang cepat, dan antara mereka memutuskan untuk lebih maju. Globalisasi saat ini meluas. Globalisasi tidak hanya memimpin untuk supply chain. Tapi juga berefek pada inovasi geografis. Bisnis kecil maupun menengah mencari celah pada bangkitnya globalisasi ekonomi. Pada kolaborasi ekonomi, keuntungan nyata dari sumber global adalah tidak adanya penyimpanan biaya, tapi kemungkinan tiada akhir untuk pertumbuhan, inovasi, dan keberagaman. Kekuatan utama dibelakang generasi berikutnya dari produk dan layanan akan lebih banyak, lebih beragam, dan terdistribusi kapanpun.

MENGENDALIKAN BADAI TERBAIK
Memiliki master terbesar sebuah kesempatan produktif dari lingkungan fisik, kita menemukan diri kita menghadapi kesempatan bersosialisasi dengan lingkungan global, membangun dunia virtual dengan ilmu pengetahuan, media, dan hiburan; sebuah dunia yang diikat dengan informasi membutuhkan juttan orang yang terkoneksi; sebuah dunia yang dimana siapapun dapat plug-and-play dan melakukan kolaborasi antara keberagaman.

Seni dan Ilmu Pengetahuan dari Peer Production

((Artikel ini merupakan ringkasan dari Bab I Buku Wikinomics, disarikan oleh Eka Purwaningsih, INSTEPS))

Sebuah pengalaman dari seorang CEO dari Goldcorp Inc. Rob McEwen, ia mengalami keberhasilan dalam penyediaan stok emas untuk perusahaannya, selang beberapa tahun usahanya untuk mendapatkan emas mulai berkurang dan menyurut. Akhirnya ia memikirkan cara bagaimana untuk meningkatkan stok emasnya, ia mengikuti pendidikan dan ia mempelajari bagaimana cara Linus Torvalds membuat Linux dengan Open Sourcenya, ia ingin mengaplikasikan metode tersebut untuk industri emasnya, akhirnya ia menggunakan metode Open Source untuk industrinya, ia membuat suatu kontes untuk menemukan sumber emas dari tempat yang sudah diketahui, dan dengan cara mempublikasikan dimana tambang emas mereka di website. Dan hasilnya, stok emas yang banyak dapat ia peroleh. Dapat dambil kesimpulan bahwa Wikinomics adalah dimana bergabungnya animo masyarakat digunakan untuk merubah kebiasaan dalan industri.

DUNIA BARU DARI WIKINOMICS
Saat ini kita memasuki dunia baru dimana manusia berpartisipasi pada perekonomian, seperti yang belum pernah dilakukan. Kunci keberhasilan dapat diperoleh dari penggabungan partisipasi seluruh orang dalam bisnis, tidak ada lagi keterbatasan dengan atasan dan bawahan selama itu masih berada dalam batasan bisnis, sehingga seluruh buah fikir dapat menyatu dan dapat berjalan dengan baik. Dan hal ini membebaskan manusia untuk mengeluarkan aspirasinya dalam melakukan inovasi.

Umur dari Partisipasi
Tidak jamannya lagi kita duduk diam, hanya mendengarkan berita di TV atau hanya membaca koran, ataupun membicarakan hal-hal yang dengan mudah kita dapatkan di manapun kita berada, saat ini kita harus menekankan pada diri kita. ”Informasikan pada Dunia” apa yang ada di kepala kita, buat sebuah argumen, opini, berita, bahkan kritik untuk kehidupan kita, utarakan dengan jelas.
Hal ini dapat menimbulkan suatu motivasi baru dalam perekonomian, jika semua industri telah membuka dirinya dan bersedia menerima segala macam masukkan, bukan hal yang mustahil kalau industri tersebut akan maju, karena produk atau jasa yang mereka hasilkan akan sesuai dengan keinginan pasar.
Untuk produsen kecil dan individu hal ini merupakan lahirnya era baru, bahkan mungkin saja menjadi anak emas. Kolaborasi masyarakat tentang batasan, disiplin, dan budaya menjadi satu dan menjadi menyenangkan. Kita akan membuat perekonomian yang sesuai dengan diri kita. Sebuah demokrasi ekonomi sangatlah penting dimana kita dapat memimpin dan mengaturnya.


Janji dan Resiko
Dengan semua revolusi ekonomi, kebutuhan seorang indivisu, organisasi, dan negara, akan diperhatikan. Kita harus mengkonfigurasi ulang orang-orang dan kemampuan mereka untuk melayani, sehingga apa yang diusulkan tidak lari dari batasan yang ada. Revolusi dari keikutseraan saat ini membuka kemungkinan baru untuk milyaran orang untuk berperan aktif dalam lingkungan kerjanya atau komunitas bahkan negaranya. Hal ini merupakan keuntungan sosial, termasuk kesempatan untuk membuat sebuah pemerintahan lebih terdeteksi.
Dengan pendekatan yang tepat, perusahaan dapat memiliki rate yang lebih tinggi dari pertumbuhan dan inovasi yang dilakukan dengan mempelajari bagaimana menggunakan dan membuat semuanya bersatu dengan jaringan yang terus berkembang ini.
Seni baru dan ilmu pengetahuan dari sebuah kolaborasi telah muncul, dan kita menyebutnya ”Wikinomics” kita tidak sekedar membicarakan tentang pembuatan ensiklopedia online dan dokumen lainnya, Wiki bukanlah sekedar software untuk mempermudah banyak orang untuk merubah web site, tapi sebuah perubahan dari era baru dari kolaborasi dan partisipasi.

PERJANJIAN BARU UNTUK KOLABORASI
Pengertia kolaborasi bukan hanya sekedar berkumpulnya beberapa orang yang melakukan hal-hal yang mereka sukai, tapi lebih kepada bersatunya kemampuan, kelihayan, dan kepandaian yang lebih efektif dan efisien dari apapun yang telah kita semua lakukan. Kemampuan untuk menyatukan bakat dari tiap individu dan organisasi akan menjadi kompetensi yang baik untuk manager suatu perusahaan.
Perusahaan harus menggunakan dan membuat bentuk yang beragam dengan orang lain atau rekannya, pesaing, pendidik, pemerintah, dan keseluruhan. Customer. Untuk berinovasi dan berhasil, kolaborasi massa yang baru harus menjadi bagian dari tiap pembelajaran. Mempelajari bagaimana menggunakan dan membuat rangkaian rekanan organisasi yang berjalan dengan sendirinya menjadi kemampuan yang penting, sebagaimana pentingnya, R&D, dan perencanaan.

PRINSIP DARI WIKINOMICS
Kolaborasi massa yang baru mengganti bagaimana perusahaan memanfaatkan pengetahuan untuk berinovasi dan membuat nilai. Kebijakan konvensional menyatakan inovasi perusahaan, diferensial, dan kompetisi dengan melakukan hal-hal yang benar.
Seni dan ilmu pengetahuan baru dari Wikinomics berdasarkan pada empat faktor utama: keterbukaan, kerja sama, berbagi, dan bertindak global. Hal itu adalah prinsip baru yang menggantikan beberapa prinsip lama dalam berbisnis.

Lebih Terbuka
Keterbukaan dalam melakukan bisnis sangat penting, kita dapat membuat bisnis tersebut transparan, lebih bebas, fleksibel, biarka semua orang menunjukkan bakatnya tanpa keterbatasan. Customer dapat melihat kebenaran nilai dari produk lebih baik. Karyawan dapat mengetahui ilmupengetahuan yang tidak terfikirkan sebelumnya tentang strategi perusahaan, manajemen dan kesempatan. Seorang partner harus memiliki pengetahuan yang baik satu sama lain agar nantinya terjadi kolaborasi yang baik.tidak ada bedanya jika ekonomi dan masyarakat menjadi terbuka. Kegagalan perdagangan dan teknologi informasi seringkali menjadi alasan kunci mengapa beberapa negara yang kompetitif mempunyai ekonomi yang global pada pertama kali, tapi mengambil pendidikan merupakan contoh simpel.

Kerjasama
Dari banyak organisasi, sistem kekuasaan yang dianut kebanyakan organisasi adalah sistem tingkatan/hierarki, sehingga nantinya akan terajdi suatu lapisan yang memisahkan antara atasan dan bawahan. Akan tetapi, bisa saja hal itu dirubah, yaitu menerapkan kerja sama. Jadi, nantinya suatu struktur organisasi yang biasanya berbentuk tingkatan-tingkatan, akan menjadi suatu garis lurus dimana setiap personil organisasinya berada pada satu lapisan yang sama. Sehingga tidak ada lagi keterbatasan dalam hal pendapat.
Kesuksesan kerjasama disebabkan oleh pengaruh organisasi itu sendiri, bagaimana cara cara memproduksi yang dilakukan agar lebih efektif dibandingkan yang sudah dilakukan oleh manajemen yang bertingkat.

Berbagi
Tidak bisa dipungkiri lagi ,seluruh barang digital dapat digunakan bersama-sama, dapat dibagi, dan dengan mudah dapat dirubah. Tanpa harus minta izin kepada pemiliknya, hal ini sangat sering terjadi pada musik dan film. Kebanyakan dari pemiliknya ingin mengontrol akan karyanya.
Sebaiknya saat ini paradigma itu harus dirubah, kita harus mulai terbuka dengan keadaan seperti itu, tentu saja. Perusahaan perlu melindungi properti mereka. Mereka harus selalu melundungi perhiasan mereka. Akan tetapi perusahaan tidak dapat menyatukan kolaborasi yang efektif jika segalanya disembunyikan, sehingga walaupun ada hal yang harus disembunyikan. Tapi setidaknya ada hal lain yang harus dibagi.
Kekuatan berbagi tidak terbatas pada properti intelektual. Dapat tersebar kemana-mana. Berbagi secara peer-to-peer adalah kekuatan dari komputerisasi, dan hasilnya adalah sistem yang dapat menopang dirinya sendiri yang tidak membutuhkan investasi terpusat, hanya kemauan pengguna untuk berbagi.

Bertindak Global
Globalisasi sudah terjadi dimana-mana, kebanyakan dari kita menganut paham globalisasi, dengan berfikir secara global. Padahal hal yang paling penting adalah bertindak secara global. Bagaimana kegiatan kita ini dapat mempengaruhi dunia. Bukan hanya memikirkannya. Globalisasi yang baru disebabkan oleh perubahan pada kolaborasi dan cara perusahaan menyusun kemampuan untuk berinovasi dan memproduksi sesuatu. Bertindak global artinya memonitor perkembangan bisnis inernasional dan menyediakan kesempatan global yang lebih besar.
Perusahaan global sebenarnya tidak mempunyai batasan fisik atau batasan regional. Dibangun pada suatu ekosistem untuk mendesain, menjadi sumber, asembling, dan mendistribusikan produk pada pasar global.

PERKEMBANGAN PESAT DALAM DUNIA WIKINOMICS
Tujuh model baru dari kolaborasi massa yang dengan sukses mengalahkan desain bisnis tradisional.
1. Perjalanan berawal dari ”Peer Pioneers” orang yang membawa kita ke software open source dan wikipedia ketika menunjukkan bahwa ribuan sukarelawan dapat membuat kecepatan, aliran, dan proyek inovatif yang menampilkan keuangan perusahaan terbesar.
2. ”Ideagoras” menjelaskan bagaimana pentingnya sebiah marketplace untuk ide, inovasi, dan pemikiran unik yang membuat perusahaan seperti P&G membuka jalan kepada pasar global dengan bakat yang tinggi sepuluh kali dibanding ukuran tempat kerja mereka.
3. Sebuah ”janji” membawa anda melalui pertumbuhan dinamis dunia dari inovasi customer, dimana generasi baru dari customer yang bisa menjadi seorang produsen.
4. ”New Alexandrians” akan membawa anda utnuk melaju dengan ilmu pengetahuan baru dari berbagi yang akan mendukung kesehatan manusia, membangun teknologi, bahkan menemukan alam semesta. Kesemuanya membantu perusahaan tumbuh dengan pemegang sahamnya.
5. ”Platform untuk partisipasi” menjelaskan bagaimana pintarnya perusahaan yang membuka infrastruktur produk dan teknologi mereka untuk membuat sebuah area komunitas yang lebih besar dengan rekanan yang dapat menghasilkan, dan pada banyak kasus, membuat bisnis baru.
6. ”Global plant floor” menunjukkan bagaimana industri manufaktur secara intensif berkembang pada ekosistemnya untuk merancang dan membangun produk fisik. Menandakan bentuk baru pada evolusi kolaborasi massa.
7. ”Wiki Workplace” membungkus perjalanan dengan melihat bagaimana kolaborasi massa mengambil akar dalam tempat kerja dan membuat kesemuanyna terkait.