Sunday, December 31, 2006

Selamat Tinggal 2006, Kami Hadir Menyambutmu 2007


Selamat Menikmati Buah Pikir Kami


Akhirnya, perjalanan manusia sampai jua di penghujung tahun 2006. Banyak yang telah dilewati, dijalani dan menjadi catatan sejarah manusia. Prestasi negatif ukirlah pada sebuah batu, sehingga menjadi pengingat bagi generasi penerus, bahwa pendahulunya telah meninggalkan warisan yang tidak perlu ditiru. Prestasi positif, catatlah dalam selembar kertas. Bila engkau merawat kertas itu, anak cucumu masih punya kesempatan melihat karya lalumu. Namun namanya juga kertas, mudah terbakar, mudah disobek, dan mudah terselip di antara berbagai barang. Maknanya, meski berjuta prestasi positif telah berhasil dicapai, janganlah cepat puas, orang mudah lupa bahwa engkau telah memberikan prestasi, orang lain bisa saja mencapai prestasi sepertimu, bahkan lebih baik. Walhasil, prestasi baik itu selalu perlu, namun yang juga tak kalah perlunya adalah bagaimana agar prestasi positif: pertama selalau dijaga, kedua selalu ditingkatkan, menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.


Itulah esensi dari proses perubahan, selalu terjadi setiap saat, seperti perubahan hari, bulan dan tahun yang kit abicarakan ini. Perubahan - demikian kata orang bijak - terjadi pada semua hal di muka bumi ini. Manusia sebagai khalifah bumi, dari zaman ke zaman selalu menjadi bagian dari perubahan. Namun tidak semua manusia mampu menjadi aktor sukses dalam perubahan yang berujung pada hasil positif. Hasil positif yang saya maksud adalah kehidupan sosial, ekonomi, budaya, spriritual, kesehatan dan segala hal yang lebih baik dari masa sebelumnya.


Seperti pergantian tahun - tahun sebelumnya, kita selalau berharap di tahun depan akan mencapai prestasi positif yang lebih baik. Ada yang berhasil, bahkan sangat berhasil, ada yang biasa saja, yang berubah hanya usianya saja, namun ada juga yang perubahannya negatif. Perubahan bukan tujuan, tetapi yangkita rasakan dan nikmati adalah dampak dari perubahan - perubahan itu semua.


Perjalanan tahun depan menanti kita semua. Salam.

No comments:

Post a Comment