Saturday, September 20, 2008

2. The Perfect Storm

((Artikel ini disarikan dari Bab II Buku WIkinomics, diringkas oleh Eka Purwaningsih, INSTEPS))

Bagaimana teknologi, Demografik, dan Ekonomi Global bersatu untuk 6 kategori awal dari revolusi bisnis

Untuk memetakan badai hebat kita dapat menjelajahi arsitektur partisipasi pada web. Lalu kita memberi perhatian khusus kepada Net Gen-generasi yang akan memasukkan budaya keterbukaan, partisipasi, dan interaksi kedalam lingkungan kerja, pasar, dan komunitas.

WEB BARU
Fenomena hadirnya website merupakan kemajuan bagi semua orang, semua orang tak perduli dari belahan dunia manapun dapat dengan mudah tersambung dengan internet. Web memudahkan perusahaan untuk menampilkan informasi pada platform komputer pada tempat yang tepat. Elemen dari komputer dan elemen dari program komputer dapat disebar kemanapun.
Seiring bertambahnya jumlah manusia dan perusahaan yang ikut serta dalam platform programming, kesempatan untuk berkompetisi dan berkolaborasi pada cara baru akan lebih berhasil dan lebih kuat.

Coffehouse terbesar
Melakukan komunikasi dengan seluruh orang di dunia sangatlah sulit untuk seseorang, tapi saat ini fenomena blogging menghapus ini semua, semua orang dapat mencurahkan fikirannya ke dunia dengan memposting ide-ide, cerita mereka di blog. Dalam blog kita dapat meletakkan media apapun, bahkan video sekalipun dengan bantuan YouTube. Saat ini kemunculan blog sangat cepat. Bahkan blog dapat menyaingin koran, televisi, radio, dan film sekalipun.

Jaringan anda adalah Filter anda
Website yang ada didunia sangatlah banyak, maka diperlukan suatu tools yang dapat digunakan untuk mempermudah penyeringan atau filter, ada suatu tools yaitu tags, tags dapat mendeskripsikan website dengan gambar, video, email, dan lain sebagainya. Hal ini memudahkan kita untuk melakukan pencarian.


The New Public Squares
Untuk perusahaan web, membangunkepercayaan adalah suatu alternative untuk mengendalikan customer. Sesuatu yang menarik akan terjadi jika kita mempercayai customer. Maka mereka akan mempercayai kita. Lagi lagi perusahaan web akan merealisasikan perkembangan kepercayaan, dan kepercayaan tersebut akan membawa pengunjung kembali ke situs itu lagi. Sebut mereka sebagai The New Public Square tempat yang menarik dimana customer kita kembali lagi dan menambah pengalamannya.

Kemunculan dan kemampuan menemukan Inovasi
Mungkin karakteristik yang paling kuat adalah web yang dapat diprogram yang mengkolaborasikan antara desain dengan standard yang terbuka dan API (Application Programmins Interfaces) yang terbuka yang memperbolehkan website terpisah menjadi berbaur. Perusahaan yang pandai akan berfikir dengan hati-hati tentang bagaimana mengarahkan cara terbuka dengan teknologi yang dimiliki, dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kekuatan organisasi it u sendiri dengan supplier, karywan, dan customer. Hal ini hal penting dalam lingkungan seperti inovasi dan manajemen pengetahuan, tapi digunakan dalam banyak fungsi bisnis.



Teriakan dari Kebudayaan Kolaborasi
Saat ini bukan masanya lagi suatu website, hanya melulu mengandalkan komunikasi satu arah, dimana pengunjung hanya bisa membaca, dan mengklik konten yang ada, tapi yang ada adalah kerja sama, berbagi, dan berbagai kegiatan interaktif lainnya.

THE DEMOGRAPHIC WATERSHED: GROWING UP COLLABORATING
Seluruh generasi dalam membangun negara menggunakan web. Bagaimanapun pengguna internet kebanyakan kaum muda dan kita menyebutnya Youngsters, mereka terus tumbuh, dan mereka membawa etika baru dalam keterbukaan, partisipasi, dan interkasi dalam lingkungan kerja, komunitas, dan pasar. Saat ini para pemuda memiliki wewenang ada revolusi digital yang merubah suatu institusi.

Ruang Berbagi yang baru
Social Networking, adalah suatu fenomena baru dalam dunia internet. Contohnya MySpace yang menawarkan suatu ruang berbagi, bisa berbentuk artikel, mucik ataupun video. Kebanyakan penggunanya adalah pemuda. Mereka dapat membuat sebuah opini untuk temannya, begitu pula sebaliknya. Dulunya bila mereka ingin bersosialisasi dengan temannya harus keluar rumah, dan menemukan suatu tempat yang nyaman untuk berkumpul, tapi sekarang tidak lagi, mereka dapat melakukan apa saja di rumah mereka. Menjelajahi dunia dan lain sebagainya.

Merubah Dunia – satu teman pada satu waktu
Mendapatkan teman ratusan bahkan jutaan dengan hanya memanfaatkan jaringan internet sangatlah mudah. Kita tinggal bergabung dengan salah satu website penyedia jasa social networking dan kita akan mendapatkan banyak teman. Dari hal-hal yang dilakukan da;am menjalin teman dengan social networking, banyak hal yang menyenangkan dapat dilakukan, selain itu dalam bidang pendidikan juga dapat dilakukan disana. Berbagi ilmu dan lain sebagainya. Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau perekonomian juga dilakukan disana.

The N-Geners As Prosumers
N-Geners bukanlah pengunjung yang pasif, kebanyakan dari mereka tidak terlalu percaya dengan opini media cetak, mereka lebih percaya dengan opini yang ada dalam suatu website yang biasanya opini tersebut di keluarkan oleh banyak orang. Pada internet saat ini kita dapat melakukan berbagai kreatifitas, seperti memuat suatu tokoh animasi yang sudah ada dan menggabungkannya dengan selera seni yang kita miliki.
Kesempatan untuk membawa N-Geners pada perusahaan besar sebagai pencipta dari nilai yang tinggi, produksi jangka panjang dari kesempatan berinovasi dari bisnis di dunia yang pernah ada sangatlah tinggi.

Tenaga Kerja Wiki
Generasi terakhir membawa karakteristik yang unik pada lingkungan kerja, tapi dengan adopsi teknologi yang tinggi, kreativitas, koneksi sosial, dan perbedaaan pada N-Gen dengan yang lainnya akan menyatukannya. Sebagai pekerja, generasi ini akan merubah lingkungan kerja dan jalan bisnis dipimpin dengan keleluasaan tanpa keterbatasan.

KOLABORASI EKONOMI
Kolaborasi ekonomi adalah dirinya sendiri dalam keberhasilan untuk: kesempatan pada struktur yang dalam dari koorperasi, sebagai perusahaan yang kuat untuk membuka tembok penghalang dan berkolaborasi dengan sumber luar untuk membuat nilai, dan meningkatkan ekonomi global yang sebenarnya yang membutuhkan dan memudahkan beberapa jenis koorperasi ekonomi dan membuka dunia ilmu pengetahuan pekerja pada setiap perusahaan yang mencari pemikiran yang unik.


Coases’s Law
Sebuah perusahaan cenderung akan memperluas usahanya hingga biaya organisasi dari transaksi ekstra dalam perusahaan menjadi seimbang dengan biaya membawa keluar transaksi yang sama pada pasar terbuka. Internet menyebabkan biaya transaksi mengalami lonjakan bertahap dan lebih berguna untuk membaca hukum Coase, efeknya, tidak ada lagi perusahaan yang harus bersembunyi sampai biaya transaksi kembali. Dengan internet dari barang dalam proses produksi sampai ke tangan customer bisa diawasi.

Web bisnis
Pendatang baru adalah web bisnis, atau biasa disebut b-web. B-web dikeliompokkan pada bisnis yang bersatu melalui internet. Web bisnis diprediksikan kana digunakan untuk kolaborasi dalam perusahaan. Berkembangnya web bisnis bukan berarti bahwa perusahaan akan tidak terintegrasi secara vertikal dengan memindahkan ilmu pengetahuan dan kemampuan didalam batasan mereka.
Dengan banyaknya pertaruhan yang dapat dengan mudah dilihat pada web bisnis, klaborasi tidak disukai. Bergabung atau memimpin web bisnis terkadang membutuhkan joki antara pemain untuk divisi yang benar dari tenaga kerja dan nilainya.

Pemain Global
Kebenaran bahwa China dan India datang dengan waktu yang cepat, dan antara mereka memutuskan untuk lebih maju. Globalisasi saat ini meluas. Globalisasi tidak hanya memimpin untuk supply chain. Tapi juga berefek pada inovasi geografis. Bisnis kecil maupun menengah mencari celah pada bangkitnya globalisasi ekonomi. Pada kolaborasi ekonomi, keuntungan nyata dari sumber global adalah tidak adanya penyimpanan biaya, tapi kemungkinan tiada akhir untuk pertumbuhan, inovasi, dan keberagaman. Kekuatan utama dibelakang generasi berikutnya dari produk dan layanan akan lebih banyak, lebih beragam, dan terdistribusi kapanpun.

MENGENDALIKAN BADAI TERBAIK
Memiliki master terbesar sebuah kesempatan produktif dari lingkungan fisik, kita menemukan diri kita menghadapi kesempatan bersosialisasi dengan lingkungan global, membangun dunia virtual dengan ilmu pengetahuan, media, dan hiburan; sebuah dunia yang diikat dengan informasi membutuhkan juttan orang yang terkoneksi; sebuah dunia yang dimana siapapun dapat plug-and-play dan melakukan kolaborasi antara keberagaman.

No comments:

Post a Comment