Saturday, September 20, 2008

Seni dan Ilmu Pengetahuan dari Peer Production

((Artikel ini merupakan ringkasan dari Bab I Buku Wikinomics, disarikan oleh Eka Purwaningsih, INSTEPS))

Sebuah pengalaman dari seorang CEO dari Goldcorp Inc. Rob McEwen, ia mengalami keberhasilan dalam penyediaan stok emas untuk perusahaannya, selang beberapa tahun usahanya untuk mendapatkan emas mulai berkurang dan menyurut. Akhirnya ia memikirkan cara bagaimana untuk meningkatkan stok emasnya, ia mengikuti pendidikan dan ia mempelajari bagaimana cara Linus Torvalds membuat Linux dengan Open Sourcenya, ia ingin mengaplikasikan metode tersebut untuk industri emasnya, akhirnya ia menggunakan metode Open Source untuk industrinya, ia membuat suatu kontes untuk menemukan sumber emas dari tempat yang sudah diketahui, dan dengan cara mempublikasikan dimana tambang emas mereka di website. Dan hasilnya, stok emas yang banyak dapat ia peroleh. Dapat dambil kesimpulan bahwa Wikinomics adalah dimana bergabungnya animo masyarakat digunakan untuk merubah kebiasaan dalan industri.

DUNIA BARU DARI WIKINOMICS
Saat ini kita memasuki dunia baru dimana manusia berpartisipasi pada perekonomian, seperti yang belum pernah dilakukan. Kunci keberhasilan dapat diperoleh dari penggabungan partisipasi seluruh orang dalam bisnis, tidak ada lagi keterbatasan dengan atasan dan bawahan selama itu masih berada dalam batasan bisnis, sehingga seluruh buah fikir dapat menyatu dan dapat berjalan dengan baik. Dan hal ini membebaskan manusia untuk mengeluarkan aspirasinya dalam melakukan inovasi.

Umur dari Partisipasi
Tidak jamannya lagi kita duduk diam, hanya mendengarkan berita di TV atau hanya membaca koran, ataupun membicarakan hal-hal yang dengan mudah kita dapatkan di manapun kita berada, saat ini kita harus menekankan pada diri kita. ”Informasikan pada Dunia” apa yang ada di kepala kita, buat sebuah argumen, opini, berita, bahkan kritik untuk kehidupan kita, utarakan dengan jelas.
Hal ini dapat menimbulkan suatu motivasi baru dalam perekonomian, jika semua industri telah membuka dirinya dan bersedia menerima segala macam masukkan, bukan hal yang mustahil kalau industri tersebut akan maju, karena produk atau jasa yang mereka hasilkan akan sesuai dengan keinginan pasar.
Untuk produsen kecil dan individu hal ini merupakan lahirnya era baru, bahkan mungkin saja menjadi anak emas. Kolaborasi masyarakat tentang batasan, disiplin, dan budaya menjadi satu dan menjadi menyenangkan. Kita akan membuat perekonomian yang sesuai dengan diri kita. Sebuah demokrasi ekonomi sangatlah penting dimana kita dapat memimpin dan mengaturnya.


Janji dan Resiko
Dengan semua revolusi ekonomi, kebutuhan seorang indivisu, organisasi, dan negara, akan diperhatikan. Kita harus mengkonfigurasi ulang orang-orang dan kemampuan mereka untuk melayani, sehingga apa yang diusulkan tidak lari dari batasan yang ada. Revolusi dari keikutseraan saat ini membuka kemungkinan baru untuk milyaran orang untuk berperan aktif dalam lingkungan kerjanya atau komunitas bahkan negaranya. Hal ini merupakan keuntungan sosial, termasuk kesempatan untuk membuat sebuah pemerintahan lebih terdeteksi.
Dengan pendekatan yang tepat, perusahaan dapat memiliki rate yang lebih tinggi dari pertumbuhan dan inovasi yang dilakukan dengan mempelajari bagaimana menggunakan dan membuat semuanya bersatu dengan jaringan yang terus berkembang ini.
Seni baru dan ilmu pengetahuan dari sebuah kolaborasi telah muncul, dan kita menyebutnya ”Wikinomics” kita tidak sekedar membicarakan tentang pembuatan ensiklopedia online dan dokumen lainnya, Wiki bukanlah sekedar software untuk mempermudah banyak orang untuk merubah web site, tapi sebuah perubahan dari era baru dari kolaborasi dan partisipasi.

PERJANJIAN BARU UNTUK KOLABORASI
Pengertia kolaborasi bukan hanya sekedar berkumpulnya beberapa orang yang melakukan hal-hal yang mereka sukai, tapi lebih kepada bersatunya kemampuan, kelihayan, dan kepandaian yang lebih efektif dan efisien dari apapun yang telah kita semua lakukan. Kemampuan untuk menyatukan bakat dari tiap individu dan organisasi akan menjadi kompetensi yang baik untuk manager suatu perusahaan.
Perusahaan harus menggunakan dan membuat bentuk yang beragam dengan orang lain atau rekannya, pesaing, pendidik, pemerintah, dan keseluruhan. Customer. Untuk berinovasi dan berhasil, kolaborasi massa yang baru harus menjadi bagian dari tiap pembelajaran. Mempelajari bagaimana menggunakan dan membuat rangkaian rekanan organisasi yang berjalan dengan sendirinya menjadi kemampuan yang penting, sebagaimana pentingnya, R&D, dan perencanaan.

PRINSIP DARI WIKINOMICS
Kolaborasi massa yang baru mengganti bagaimana perusahaan memanfaatkan pengetahuan untuk berinovasi dan membuat nilai. Kebijakan konvensional menyatakan inovasi perusahaan, diferensial, dan kompetisi dengan melakukan hal-hal yang benar.
Seni dan ilmu pengetahuan baru dari Wikinomics berdasarkan pada empat faktor utama: keterbukaan, kerja sama, berbagi, dan bertindak global. Hal itu adalah prinsip baru yang menggantikan beberapa prinsip lama dalam berbisnis.

Lebih Terbuka
Keterbukaan dalam melakukan bisnis sangat penting, kita dapat membuat bisnis tersebut transparan, lebih bebas, fleksibel, biarka semua orang menunjukkan bakatnya tanpa keterbatasan. Customer dapat melihat kebenaran nilai dari produk lebih baik. Karyawan dapat mengetahui ilmupengetahuan yang tidak terfikirkan sebelumnya tentang strategi perusahaan, manajemen dan kesempatan. Seorang partner harus memiliki pengetahuan yang baik satu sama lain agar nantinya terjadi kolaborasi yang baik.tidak ada bedanya jika ekonomi dan masyarakat menjadi terbuka. Kegagalan perdagangan dan teknologi informasi seringkali menjadi alasan kunci mengapa beberapa negara yang kompetitif mempunyai ekonomi yang global pada pertama kali, tapi mengambil pendidikan merupakan contoh simpel.

Kerjasama
Dari banyak organisasi, sistem kekuasaan yang dianut kebanyakan organisasi adalah sistem tingkatan/hierarki, sehingga nantinya akan terajdi suatu lapisan yang memisahkan antara atasan dan bawahan. Akan tetapi, bisa saja hal itu dirubah, yaitu menerapkan kerja sama. Jadi, nantinya suatu struktur organisasi yang biasanya berbentuk tingkatan-tingkatan, akan menjadi suatu garis lurus dimana setiap personil organisasinya berada pada satu lapisan yang sama. Sehingga tidak ada lagi keterbatasan dalam hal pendapat.
Kesuksesan kerjasama disebabkan oleh pengaruh organisasi itu sendiri, bagaimana cara cara memproduksi yang dilakukan agar lebih efektif dibandingkan yang sudah dilakukan oleh manajemen yang bertingkat.

Berbagi
Tidak bisa dipungkiri lagi ,seluruh barang digital dapat digunakan bersama-sama, dapat dibagi, dan dengan mudah dapat dirubah. Tanpa harus minta izin kepada pemiliknya, hal ini sangat sering terjadi pada musik dan film. Kebanyakan dari pemiliknya ingin mengontrol akan karyanya.
Sebaiknya saat ini paradigma itu harus dirubah, kita harus mulai terbuka dengan keadaan seperti itu, tentu saja. Perusahaan perlu melindungi properti mereka. Mereka harus selalu melundungi perhiasan mereka. Akan tetapi perusahaan tidak dapat menyatukan kolaborasi yang efektif jika segalanya disembunyikan, sehingga walaupun ada hal yang harus disembunyikan. Tapi setidaknya ada hal lain yang harus dibagi.
Kekuatan berbagi tidak terbatas pada properti intelektual. Dapat tersebar kemana-mana. Berbagi secara peer-to-peer adalah kekuatan dari komputerisasi, dan hasilnya adalah sistem yang dapat menopang dirinya sendiri yang tidak membutuhkan investasi terpusat, hanya kemauan pengguna untuk berbagi.

Bertindak Global
Globalisasi sudah terjadi dimana-mana, kebanyakan dari kita menganut paham globalisasi, dengan berfikir secara global. Padahal hal yang paling penting adalah bertindak secara global. Bagaimana kegiatan kita ini dapat mempengaruhi dunia. Bukan hanya memikirkannya. Globalisasi yang baru disebabkan oleh perubahan pada kolaborasi dan cara perusahaan menyusun kemampuan untuk berinovasi dan memproduksi sesuatu. Bertindak global artinya memonitor perkembangan bisnis inernasional dan menyediakan kesempatan global yang lebih besar.
Perusahaan global sebenarnya tidak mempunyai batasan fisik atau batasan regional. Dibangun pada suatu ekosistem untuk mendesain, menjadi sumber, asembling, dan mendistribusikan produk pada pasar global.

PERKEMBANGAN PESAT DALAM DUNIA WIKINOMICS
Tujuh model baru dari kolaborasi massa yang dengan sukses mengalahkan desain bisnis tradisional.
1. Perjalanan berawal dari ”Peer Pioneers” orang yang membawa kita ke software open source dan wikipedia ketika menunjukkan bahwa ribuan sukarelawan dapat membuat kecepatan, aliran, dan proyek inovatif yang menampilkan keuangan perusahaan terbesar.
2. ”Ideagoras” menjelaskan bagaimana pentingnya sebiah marketplace untuk ide, inovasi, dan pemikiran unik yang membuat perusahaan seperti P&G membuka jalan kepada pasar global dengan bakat yang tinggi sepuluh kali dibanding ukuran tempat kerja mereka.
3. Sebuah ”janji” membawa anda melalui pertumbuhan dinamis dunia dari inovasi customer, dimana generasi baru dari customer yang bisa menjadi seorang produsen.
4. ”New Alexandrians” akan membawa anda utnuk melaju dengan ilmu pengetahuan baru dari berbagi yang akan mendukung kesehatan manusia, membangun teknologi, bahkan menemukan alam semesta. Kesemuanya membantu perusahaan tumbuh dengan pemegang sahamnya.
5. ”Platform untuk partisipasi” menjelaskan bagaimana pintarnya perusahaan yang membuka infrastruktur produk dan teknologi mereka untuk membuat sebuah area komunitas yang lebih besar dengan rekanan yang dapat menghasilkan, dan pada banyak kasus, membuat bisnis baru.
6. ”Global plant floor” menunjukkan bagaimana industri manufaktur secara intensif berkembang pada ekosistemnya untuk merancang dan membangun produk fisik. Menandakan bentuk baru pada evolusi kolaborasi massa.
7. ”Wiki Workplace” membungkus perjalanan dengan melihat bagaimana kolaborasi massa mengambil akar dalam tempat kerja dan membuat kesemuanyna terkait.

No comments:

Post a Comment