Monday, November 13, 2006

Perencanaan Sistem Informasi dan Manajemen Strategi

Pertanyaan Penelitian:
Apakah setiap perubahan Strategi Korporate (SK) dan Strategi Bisnis (SB) akan berdampak pada strategi SI/TI? Jika Ya, seberapa besar perubahan tersebut untuk setiap kategori perusahaan?
Apakah perubahan faktor eksternal berpengaruh terhadap strategi SI/TI? Bagaimana polanya?


Persoalan

Perusahaan menerapkan manajemen strategi pada berbagai tingkatan. Pada level korporat terdapat strategi korporasi, demikian ula pada level bisnis dan level – level di bawahnya.

Perusahaan menggunakan SI/TI untuk menunjang strategi korporasi dan strategi bisnis

Agar kontribusi SI/TI terhadap Sk dan SB menjadi optimal , diperlukan strategi SI/TI yang sejalan dengan strategi di level atasnya.

SK dan Sb dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor eksternal. Besaran masing – masing faktor berpengaruh terhadap SK dan SB sesuai dengan karakter perusahaan.

Perubahan lingkungan bisnis seringkali berpengaruh terhadap lingkungan internal perusahaan. Manajemen menyikapi hal ini dengan berbagai kebijakan, ada yang hanya menganggapya sepele, namun ada yang menyikapinya dengan saerius karena berdampak terhadap kelangsungan bisnis.

Perusahaan yang telah menerapkan Teknologi Informasi (TI) atau Sistem Informasi

Penelitian ini dimaskudkan untuk mengetahui sejauh mana perubahan lingkungan eksternal berpengaruh terhadap perubahan strategi korporat dan strategi bisnis, serta khsusunya perubahan kebijakan strategi Sistem Informasi.

Penelitian semacam ini menjadi penting karena pemanfaatan TI di perusahaan di Indonesia sudah cukup luas, namun demikian bagaimana manfaat TI terhadap kinerja secara keseluruhan perusahaan belum banyak yang melakukan penelitian di bidang ini, lebih lanjut, ingin diketahui apakah pemanfaatan TI sudah sedemikian berpengaruhnya terhadap perusahaan, sehingga ketika terjadi kerusakan atau terhentinya layanan TI, hal in mempengaruhi operasional perusahaan secara keseluruhan.

Perkembangan TI yang ditandai dengan penggunaan Internet di dunia bisnis telah mengubah karakter bisnis setidaknya dalam dua kelompok, perusahaan brick and mortar dan click and mortar. Hinga akhir tahun 2000, di perusahaan – perusahaan brick and mortar TI masih dianggap sebagai pelengkap saja, artinya TI hanya berfungsi sebagai pendukung (support) yang tidak memiliki peran sentral dalam menentukan hidup matinya perusahaan. Perjalanan waktu membuktikan, di perusahaan brick and mortar seperti di industri penerbangan, perbankan dan lembaga keuangan, telekomunikasi dan layanan tenaga listrik bahwa peran TI sudah menjadi sedemikian pentingnya, sehingga tanpa TI, operasional perusahaan menjadi lumpuh. Pada kondisi semacam ini, TI menjadi sangat strategis bagi perusahaan. Di sisi lain, perusahaan click and mortar, menjadikan TI sebagai organ utama dalam operasional perusahaan. Tanpa TI tidak ada perusahaan click and mortar.

Mengacu pada penting dan strategisnya TI di perusahaan vital di atas, sementara jika mengacu pada teori (Wheelen, Ward, Fred, dll) manajemen sebaiknya menjadikan perubahan lingkungan sebagai umpan balik (fedback) bagi strategi korporat dan kemudian pada level operasional strategi Sisitem Informasi, muncul pertanyan bagaimana manajemen mengantisipasi perubahan lingkungan eksternal perubahan terhadap strategi Sistem Informasi.

Posisi Strategi Sistem Informasi dalam Manajemen Strategi

Perubahan lingkungan eksternal meliputi antara lain perubahan politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi, peta persaingan dan lain sebagainya. Perubahan ini dapat disebabkan oleh pengaruh makro dan mikro, baik oleh para pihak yang berhubungan langsung dengan perusahaan seperti pemasok, dan pelanggan, maupun yang tidak berhubungan langsung seperti pemerintah, asosiasi bisnis, dan lain sebagainya. Reaksi atas perubahan bermacam – macam, perusahaan dapat diam saja atau menjaga status quo, bersikap reaktif, bersikap proaktif, atau menghdapai perubahan eksternal tersebut dengan perubahan internal sehingga perusahaan dapat tetap eksis.

Perubahan eksternal yang berpengaruh terhadap kebijakan TI misalnya, larangan impor komputer bekas yang berdampak pada tertutupnya peluang menggunakan komputer yang relatif lebih murah. Atau adanya kebijakan pemerintah untuk membuka

Sajikan dan inventarisasi kebijakan pemerintah yang berdampak pada manajemen SI.

Buat matrik kebijakan dan dampaknya, kemudian berikan analisis awal.

Gunakan sampel penelitian perusahaan yang sudah go publik.

Klasifikasikan berdasar ukuran perusahaan, jenis bisnis, besaran pemanfaatan TI
Daftar Pustaka

Brooke, Geoffrey, M, (1992), The Economic of Information Technology: Explaining the Productivity Paradox, Center for Information Systems Research, Working Paper No. 238, Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology, April.
Low, Linda, (2000), Economics of Information Technology and The Media, Singapore University Press.
Lucas, Henry, C, (1999), Information Technology And The Productivity Paradox, Assessing the Value of Investing in IT, Oxford University Press.
McCarty, Marilu Hurt, (2001), The Nobel Laureates, How The World’s Greatest Economic Minds Shaped Modern Thought, McGraw-Hill.Ward, John & Peppard, Joe, (2003), Strategic Planning for Information Systems, John Wiley& Sons, Ltd

No comments:

Post a Comment