Monday, August 15, 2005

Uang, Persahabatan dan Hukum

Apa yang bisa merusak persahabatan? Di antara berbagai kemungkinan jawaban salah satunya adalah uang.

Persahabatan dibangun dari kesamaan minat, lingkungan tempat tinggal, profesi, dan lain sebagainya. Ia muncul sebagai sifat alamiah manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk bersosialisasi. Ada perilaku saling beri dan terima yang tidak dilandasi oleh motivasi tertentu.

Persahabatan memiliki beberapa karakteristik:

1. Persahabatan alamiah
2. Persahabatan profesional
3. Persahabatan struktural
4. Persahabatan intentional

Persahabatan alamiah seperti halnya kita hidup bertetangga, ia muncul dengan sendirinya, tidak ada pilihan untuk menolak. Teman sekolah misalnya, tergolong dalam persahabatan alamiah.

Persahabatan profesional, di kantor, ketika seseorang menjadi anggota organisasi bisnis, atau partai politik

Persahabatan struktural, karena adanya jabatan patron – klien. Di birokrasi, organisasi bisnis, tentara dan lain sebagainya.

Persahabatan intentional, karena adanya kepentingan antar dua pihak, semisal, seorang pengusaha yang berusaha menjadi sahabat pejabat hanya untuk memperoleh kesempatan mendapatkan proyek.

Kualitas hubungan persahabatan ditentukan oleh frekuensi interaksi namun dapat juga ditentukan oleh seberapa besar masing - masing pihak memperoleh manfaat dafri pihak lainya.

Uang seringkali menjadi perekat dalam persahabatan.namun ia pula yang acapkali merusak hubungan erat yang sudah lama terjalin.

No comments:

Post a Comment