Sunday, November 16, 2008

Biaya Transaksi

Menurut aliran Neoklasik, biaya transaksi berdasarkan pada biaya perdagangan, sementara menurut pandangan property rights biaya transaksi merupakan biaya dalam pendirian dan pelaksanaan property right.

­Elemen utama biaya transaksi berada dalam sepanjang sejarah perkembangan ilmu ekonomi. Adam Smith, dalam pembahasan mengenai perdagangan luar negeri, endowments, struktur kepemilikan perusahaan dan organisasi nirlaba, berkali-kali mengungkapkan konsep informasi biaya dan kemampuan individu untuk memanfaatkan ketidaktahuan individu lainnya atas keunggulan mereka.

­Dalam ekonomi makro, gagasan mengenai biaya informasi mendorong perubahan ekspektasi rasional dan model siklus perusahaan yang berdasarkan pada penelitian dan penemuan dalam program pertanggungan terhadap pengangguran. Model public choice ditemukan berdasarkan premis bahwa individu dapat memanfaatkan negara untuk memperoleh kesejahteraan.

­Dalam game theory, permasalahan pokok yang dihadapi adalah biaya transaksi. Dan bidang lainnya seperti organisasi industri, perdagangan internasional, perkembangan dan ketenaga-kerjaan, dan hal lainnya yang bergantung pada perlindungan property right.

Teori ini menyatakan bahwa biaya transaksi terjadi hanya pada saat terjadi transaksi, dan biaya transaksi terjadi pada saat property right ditetapkan dan menghendaki adanya perlindungan atas property right.

1 comment: