Friday, November 14, 2008

Subsidi Silang Strategis dan Integrasi Vertikal dalam Pembukaan Pasar Telekomunikasi

Terdapat pengaruh subsidi silang melalui integrasi vertikal dalam memasuki segmen industri telekomunikasi yang liberal. Tulisan ringkas ini menjelaskan pengaruh subsidi silang dalam proses liberalisasi segmen indusri jasa telekomunikasi

­Terdapat dua cara pelaksanaan subsidi silang yang dapat memberikan keuntungan bagi incumbent dalam bersaing dengan pemain baru. Pertama, dengan mengevaluasi subsidi silang secara terus menerus sehingga akan menguntungkan segmen incumbent karena dapat mengeluarkan biaya lebih rendah melalui manipulasi akuntansi. Kedua, penggunaan subsidi silang berasal dari alokasi yang dilakukan incumbent dalam persaingan dan segmen yang diregulasi. Dengan kedua penggunaan subsidi silang tersebut, incumbent dapat menjual dengan harga yang lebih murah dari pesaingnya.

­Dengan menekankan pada besarnya peranan regulasi dalam mempengaruhi biaya, dapat diidentifikasi situasi di mana incumbent mengeluarkan biaya yang lebih rendah dari para pesaingnya. Regulasi, yang dibuat untuk membantu mengembangkan persaingan, mungkin dapat menghalangi persaingan jika tidak memberikan dorongan yang tepat terhadap incumbent untuk mengelola divisi perusahaannya secara efisien.

No comments:

Post a Comment