Friday, November 14, 2008

Eksternalitas Jaringan

Eksternalitas jaringan dapat menyebabkan terjadinya kegagalan pasar karena jaringan tidak dapat mencapai optimal, dan pasar tidak menetapkan standar yang dapat memberikan produk yang lebih baik dengan efektif. Eksternal jaringan dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan teknologi maupun produk baru.

Walaupun pasar mengalami kegagalan, intervensi pemerintah tidak tepat untuk dilaksanakan karena ekternalitas jaringan tidak dapat diidentifikasi melalui tindakan pemerintah sehingga akan mengeluarkan lebih banyak biaya dari pada mencegah kegagalan pasar.

Eksternalitas jaringan yang positif dalam penggunaan teknologi jaringan memberikan margin keuntungan ekonomi lebih rendah dari keuntungan sosialnya.

Konsekuensi utama keberadaan eksternalitas jaringan adalah pengaruhnya terhadap persaingan di antara para penjual produk karena eksternalitas jaringan hanya menguntungkan satu atau beberapa penjual.

Banyaknya inefisiensi yang terjadi akibat eksternalitas jaringan mendorong pemerintah untuk melakukan intervensi melalui kebijakannya.

Karena hanya memberikan keuntungan pada satu perusahaan yang mendominasi pasar, maka eksternalitas jaringan dapat menimbulkan monopolisasi.

Teori eksternalitas jaringan tidak dapat membantu dalam mendeteksi munculnya perilaku perusahaan yang berusaha untuk membangun kekuatan monopoli.

Predatory pricing dalam suatu indusri juga dipengaruhi oleh eksternalitas jaringan. Terdapat beberapa strategi harga yang menyerupai predatory pricing, namun bertujuan untuk mengatasi eksternalitas jaringan dalam membangun basis konsumen.

No comments:

Post a Comment